Tuesday, June 17, 2008

3 Buah Pintu Berderet Membawa Bencana

(PROPERTI.BIZ edisi 29 / Juni 2008)

Yth. Bapak Felix, beberapa waktu lalu ada kerabat yang mengunjungi rumah saya, ketika melihat di area ruang keluarga, beliau mengatakan bahwa ada yang tidak benar dengan Feng Shui rumah saya, karena di area ruang keluarga tersebut terdapat 3 buah pintu yang berderetan. Hal ini terjadi karena memang kami memiliki 3 ruang tidur yang posisinya saling bersebelahan. Beliau mengatakan bahwa penghuni kamar yang berada di tengah akan terjepit rejekinya oleh kedua penghuni di sebelahnya. Terlebih posisi ruang tidur yang di tengah tersebut digunakan oleh putri pertama kami, lalu beliau juga mengatakan bahwa kelak putri kami tersebut akan sulit mendapatkan jodoh. Yang ingin kami tanyakan, bagaimana solusinya agar kejadian kejadian buruk tersebut tidak terjadi? Terima kasih untuk jawabannya.
Salam, Sudirman

Jawab:

Terima kasih kepada Pak Sudirman atas pertanyaannya. Pertama-tama saya akan membahas terlebih dahulu konsep dasar Feng Shui mengenai 3 buah pintu yang berderet di salah satu sisi dinding yang dianggap buruk, atau dapat menyebabkan sulit mendapatkan jodoh atau rejeki.

Memang benar bahwa kondisi ini bisa saja menyebabkan efek buruk, apakah itu menyebabkan hilangnya rejeki atau sulit mendapatkan jodoh. Mungkin sudah beberapa kali saya bahas, bahwa efek-efek buruk tersebut dapat terjadi. Namun hal ini terjadi bukan serta merta terjadi begitu saja seperti terkena pengaruh buruk yang bersifat mistik. Kejadian-kejadian ini tentunya dapat dijelaskan secara logis, dan bila kita mengetahui konsep dasarnya, maka kita dapat dengan mudah menyelesaikan permasalahan tersebut.

Untuk posisi pintu berderet 3 atau lebih, kedua ruangan yang berada di ujung pada umumnya bisa memiliki ventilasi dan pencahayaan langsung dari taman depan atau belakang dan secara tidak langsung akan memblok ruangan yang berada di tengah. Dengan demikian, biasanya ruang yang berada di tengah hanya dapat mengandalkan ventilasi dan cahaya dari ruang dalam sehingga ventilasi dan pencahayaan di ruangan tersebut menjadi kurang baik. Maka otomatis kondisi ini menyebabkan ruangan yang berada di tengah akan kekurangan aliran udara serta cahaya, lalu menjadi lembab dan tidak sehat. Akhirnya penghuni yang menempati ruangan tersebut tentunya akan mudah terserang penyakit, sulit tidur dengan nyenyak, dan memiliki tubuh yang tidak bugar.

Tidak salah bila hal ini menyebabkan si penghuni tidak dapat bekerja dengan benar, banyak keluar biaya untuk pengobatan. Maka tidak heran apabila ia kehilangan rejeki. Kemudian dengan kondisi fisik yang tidak sehat tersebut, tentunya akan menyebabkan wajah menjadi lesu, tidak bersemangat dan tampak kusut setiap hari. Tidak heran pula bila orang tersebut akan sulit mendapatkan jodoh.

Untuk kasus bangunan rumah Bapak, dari sketsa denah rumah yang Bapak lampirkan, saya lihat arsitek yang mendesain rumah Bapak sudah cukup memperhatikan aspek-aspek untuk pencahayaan dan ventilasi. Sebab walaupun terdapat 3 buah kamar tidur yang saling berdampingan, setiap ruangan masih memiliki jendela ke luar masing-masing, sehingga aliran udara dan cahaya alami tetap dapat dinikmati oleh ruangan yang berada di tengah. Jadi walaupun terdapat 3 buah pintu yang berderet di satu sisi, hal tersebut tidak akan menyebabkan efek-efek buruk terhadap kehidupan keluarga Bapak atau terutama Putri Bapak.

Semoga penjelasan ini dapat cukup membantu Bapak dan pembaca lainnya. Salam.

1 comment:

  1. Salam kenal Pak Felix,

    saya mau bertanya sedikit untuk masalah 3 buah pintu yang posisinya berderet.

    Apabila pintu yang di tengah merupakan pintu kamar mandi bagaimana ?

    Kemudian bagaimana menyiasati posisi pintu terserbut?

    ReplyDelete