Monday, April 16, 2007

Arah Hadap Kompor

(PROPERTI.BIZ edisi 15 / April 2007)

Yth. Bapak Felix, beberapa waktu yang lalu kalau Bapak masih ingat, saya sempat bekonsultasi dengan Bapak di stand konsultasi pameran REI & Furni EXPO. Berdasarkan analisis Bapak untuk tanggal lahir saya 22 November 1973, kalau tidak salah elemen saya adalah Air kuat, dan arah hadap yang baik bagi saya adalah ke arah Selatan,Timur, Tenggara,  Timur Laut, dan Barat Daya. Menurut Bapak pada saat itu, arah-arah terbaik ini salah satunya dapat digunakan sebagai arah hadap untuk kompor. Setelah saya check di rumah, ternyata arah kompor menghadap ke Tenggara, berarti bila saya mengikuti  saran Bapak, arah tersebut sudah benar. Tapi yang menjadi masalah adalah, karena arah hadap bangunan saya ke arah Barat Daya (+223 derajat), maka  bila saya memasak, arah serokannya akan membuang ke arah jalan. Setahu yang saya dengar dari rekan-rekan, di aturan Feng Shui arah serokan ketika memasak tidak boleh membuang ke jalan, melainkan harus masuk ke dalam. Jadi pertanyaan saya, sebaiknya saya mengikuti aturan yang mana? Terima Kasih sebelumnya.
Sandra - Bandung

Jawab:

Terima kasih Ibu Sandra atas pertanyaannya. 
Sebelumnya perlu diluruskan dahulu bahwa arah serokan ketika memasak bukanlah merupakan aturan Feng Shui, aturan ini muncul hanya karena filosofi atau budaya masyarakat keturunan Cina di Indonesia. Karena ternyata setelah saya tanyakan kepada Master Feng Shui saya, dan saya amati di budaya masyarakat keturunan Cina di negara lain seperti Singapore, saya tidak menemukan aturan ini. Jadi sebenarnya dalam analisa Feng Shui, arah serokan ketika memasak bukanlah menjadi patokan, melainkan arah hadap mulut api kompor yang lebih penting. Arah hadap ini biasanya dihadapkan ke sektor yang memiliki energi yang baik secara bangunan (analisa Fei Xing), dan lalu disesuaikan dengan energi penghuninya.

Namun bila kita masih tetap ingin mengikuti aturan yang ada di masyarakat kita hal itu boleh-boleh saja, sejauh secara desain bangunan masih baik dan fungsional. Selain itu aturan arah serokan ini juga sangat tergantung dari kebiasaan setiap orang, seperti dalam kasus orang bertangan kidal (memasak dengan tangan kiri), tentunya akan berbeda dengan orang yang memasak dengan tangan kanan, dan setahu saya masih diperbolehkan bila arah serokan ini sejajar dengan jalan, apakah itu ke arah kiri atau kanan rumah.
 
Dalam kasus Rumah Ibu, sebenarnya arah hadap kompor sudah cocok, karena arah mulut api sudah mengarah ke arah Tenggara dimana secara energi bangunan, masih termasuk baik, dan dari analisa arah hadap yang baik bagi Ibu, Tenggara ini merupakan salah satu arah terbaik.

Tetapi bila tetap ingin menyesuaikan dengan aturan arah serokan, saran saya adalah dengan mengarahkan mulut api kompor ke Timur Laut, dimana Timur Laut ini memiliki energi yang baik secara bangunan, cocok dengan arah baik Ibu, dan arah serokan ketika memasak sejajar dengan jalan, sehingga ketiganya bisa sesuai. Semoga Bermanfaat.

1 comment:

  1. Yth Bp Felix.
    Saya ada baca bbrp artikel di internet tentang posisi dapur, menurut artikel ini posisi dapur paling pantang berada di posisi barat laut.
    Sekarang rumah saya hadap selatan, dapur saya posisi dikanan belakang, kalo saya pikir2 sih barat laut. dan diatas dapur ada kamar mandi master room, tapi kompor gak tepat dibawah toilet, kalo masak kita hadap timur.
    Apakah benar dapur tidak boileh diposisi barat laut ?
    Apakah letak dapur dan kompor saya bener ?

    terima kasih pak

    ReplyDelete