Monday, February 11, 2008

Menyiasati Pintu Saling Berhadap hadapan & Pintu Kamar Mandi Menghadap Dapur

(PROPERTI.BIZ edisi 25 / Pebruari 2008)

Yth. Bapak Felix Andrian ST. AIFSA
Saya adalah pembaca setia rubrik Konsultasi Feng Shui di tabloid PROPERTI.BIZ yang Bapak asuh. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada Bapak:

Posisi pintu kamar tidur saling berhadapan, apakah bagus posisi seperti itu? Apabila tidak bagus, bagaimana cara mensiasatinya?
Posisi dapur berhadapan dengan pintu kamar mandi, apakah bagus posisi seperti itu? Apabila sudah terlanjur dengan posisi demikian, bagaimana cara mensiasatinya?

Atas jawaban dan dimuatnya surat ini saya ucapkan terima kasih.
Ibu Dian – Pinus Regensi

Jawab:

Terima kasih Ibu Dian, atas pertanyaannya.
Mengenai masalah pintu kamar yang saling berhadapan, Ibu tidak perlu khawatir. Sebab posisi pintu yang saling berhadapan ini baru akan menjadi masalah apabila salah satu pintu tersebut adalah pintu yang posisinya langsung berhubungan dengan area luar. Masalah ini sering ditemui pada posisi pintu utama yang langsung berhadapan dengan pintu ke taman belakang. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan angin yang masuk melalui pintu utama mengalir secara kencang dan langsung keluar melewati pintu belakang, sehingga angin tidak sempat mengalir ke ruangan ruangan lainnya. Hal ini menyebabkan pergantian udara di ruangan lain tidak lancar, dan dapat menyebabkan penghuni rumah mudah sakit (lihat ilustrasi perbedaan aliran angin pada denah 1 dan denah 2. Pada gambar denah 1 angin langsung menerobos ke belakang, sedangkan pada denah 2, karena angin bergerak menabrak dinding atau kaca jendela terlebih dahulu, maka alirannya terpecah dan menyebar ke ruangan lainnya.). Syarat untuk pintu kamar yang saling berhadapan adalah sebaiknya ukuran pintunya sama besar dan benar - benar tepat berhadapan, sehingga posisi kusen pintu tidak ada yang memotong posisi pintu lainnya.

Mengenai posisi pintu kamar mandi yang berhadapan dengan dapur (kompor), memang hal ini kurang baik menurut Feng Shui. Sebab ada kemungkinan bau dari kamar mandi akan mengalir ke area dapur. Namun bila hal ini sudah terlanjur terjadi, disarankan agar pintu kamar mandi selalu dalam keadaan tertutup (bisa menggunakan door closer) dan pastikan ventilasi kamar mandi tersebut cukup baik. Bila ternyata tidak ada jendela di dalam kamar mandi, sebaiknya dibantu dengan menggunakan exhoust fan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment