Wednesday, December 24, 2008

Posisi Kamar Mandi Di Atas Ruang Tidur Membuat Masalah

(PROPERTI.BIZ edisi 35 / Desember 2008)

Yth. Bpk. Felix
Saya ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman saya. Belum lama ini saya pindah rumah, karena diajak pindah oleh anak saya yang baru saja menikah. Di rumah baru ini saya dan suami tinggal di kamar bawah, anak kami menempati kamar di lantai 2, kurang lebih posisinya hampir tepat di atas kamar tidur kami, hanya ukuran kamar anak kami lebih besar dari kamar yang kami tempati. Semenjak pindah rumah, saya merasa begitu banyak mendapatkan masalah, mulai dari tidur yang kurang nyenyak, banyak bermimpi aneh-aneh, suami sering sakit, dan belum lama ini ketika saya menyeberang jalan, saya nyaris tertabrak motor. Maka dari itu saya mulai berpikir, kenapa saya dan suami banyak mengalami masalah, karena selama ini suami saya jarang sakit, dan boleh dibilang saya sangat jarang bermimpi?  Setelah diselidiki, saya baru sadar kalau ternyata posisi tempat tidur kami tepat dibawah kamar mandi utama di lantai 2. Saya pernah membaca bahwa menurut Feng Shui posisi kamar di bawah kamar mandi dapat membawa sial, jadi yang ingin saya tanyakan, apakah benar kesalahannya dari faktor ini? dan bagaimana cara menanggulanginya? Terima kasih sebelumnya.
Salam, Ibu Rose - Bandung

Jawab:

Terima kasih Ibu Rose untuk pertanyaannya.
Suatu kejadian yang sebelumnya jarang terjadi tiba tiba saat ini sering terjadi, memang sering menimbulkan banyak pertanyaan, dan biasanya langsung dikaitkan dengan masalah Feng Shui. Memang benar, ada kemungkinan masalahnya berasal dari masalah tata letak Feng Shui yang salah, namun sebenarnya hal ini belum pasti, karena masih banyak sekali faktor yang mempengaruhi kehidupan kita selain Feng Shui. Tapi memang tidak ada salahnya bila kita membenahi dari sisi Feng Shui.

Masalah posisi kamar mandi yang berada di atas ruang tidur, mungkin saja bisa menjadi salah satu penyebab dari sering bermimpi buruk, tidur kurang nyenyak, dan sering sakit. Penjelasannya sangat logis, karena dengan adanya kamar mandi di atas ruang tidur dapat menyebabkan:
  1. Kemungkinan bisa membuat ruang di bawahnya menjadi lembab, terlebih bila ventilasi ruang tidur bawah kurang baik. 
  2. Ketika ada orang tidur di ruang tidur bawah, tiba-tiba di kamar mandi atasnya ada yang sedang mandi atau mem-flush kloset, biasanya suara air yang ditimbulkan cukup kencang, sehingga sedikit banyak akan mengganggu orang yang tidur di kamar bawah, terlebih bila malam hari karena suasananya lebih sunyi, sehingga bunyinya akan lebih mengganggu. Bila yang sedang tidur lalu kaget, tentunya akan terbangun, dan biasanya untuk beberapa orang, bila sudah terbangun di malam hari akan sulit untuk tidur kembali, sehingga membuat badan kurang vit, dan mudah terserang penyakit. Tapi bila tidak sampai terbangun, akhirnya mungkin membuat kita menjadi bermimpi yang aneh-aneh. 
  3. Kemungkinan lain, bila ada kebocoran saluran akan menimbulkan bau yang kurang sedap, yang juga bisa mengganggu (mungkin untuk bangunan baru tidak terlalu banyak ditemukan masalah ini).
Cara penganggulangan yang paling baik adalah bila masih ada kamar lain seperti kamar tamu, sebaiknya pindah kamar. Bila tidak ada ruangan lain, sebaiknya saluran air yang berada di atas plafond dibungkus dengan peredam suara seperti glasswool atau bahan akustik lain untuk meredam suara yang timbul, lalu pastikan ventilasi ruang tidur dalam keadaan baik. Hal ini mungkin dapat membantu.

Namun mungkin Ibu Rose masih memiliki 1 pertanyaan lagi, bagaimana dengan kesialan nyaris tertabrak motor? Apakah disebabkan hal ini juga? Sepertinya untuk hal ini agak jauh hubungannya dengan Feng Shui, kalaupun mau dihubungkan, sepertinya bisa jadi karena kita tidurnya terganggu, konsentrasi menjadi berkurang, maka kita menjadi kurang hati-hati dan bisa memicu terjadinya kecelakaan. Semoga penjelasan saya cukup menjawab dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment