Wednesday, September 27, 2006

Posisi Tempat Tidur Tegak Lurus Jalan

(PROPERTI.BIZ edisi 8 / September 2006)

Yth. Bapak Felix, karena Bapak kebetulan sedang membahas tentang ruang tidur, ada hal yang ingin saya tanyakan. Pada kasus kamar tidur saya, posisi ranjang adalah tegak lurus dengan jalan utama, apakah efek buruk yang mungkin timbul? Sebab setahu saya posisi tersebut tidak baik menurut Feng Shui, dan karena ukuran kamar saya kecil, maka tidak mungkin untuk merubah posisi ranjang. Apakah masalah tersebut bisa diatasi menggunakan kias? Kalau bisa, menggunakan apa? Terima Kasih sebelumnya.
Salam, 
Herman - Kopo

Jawab:

Terima kasih kepada Bapak Herman atas pertanyaannya. 
Kasus ini sering kali ditanyakan oleh klien-klien saya. Semoga jawaban saya bisa meluruskan pemikiran banyak orang yang kurang benar mengenai posisi tempat tidur. 

Jadi sebenarnya banyak yang salah persepsi mengenai konsep posisi tempat tidur yang tegak lurus dengan jalan utama. Posisi ini sebenarnya tidaklah bermasalah dalam perhitungan Feng Shui, jadi Bapak tidak perlu terlalu khawatir akan mendapatkan efek yang buruk. Malah mungkin pemikiran kita yang negatif / sugesti karena takut akan adanya efek buruk ini yang jauh lebih berbahaya dan lebih berpengaruh terhadap kehidupan Bapak. Maril kita selidiki lebih lanjut apa alasan dan sejarah dari konsep posisi tersebut.

Pada jaman dahulu, tipe / bentuk rumah chinese adalah tipikal / serupa, yaitu bentuk rumah yang tidak terlalu lebar, memanjang, tersusun secara row, sejajar dengan jalan utama, sehingga konstruksi atap yang terbentuk berupa atap pelana. Dengan penataan seperti ini otomatis balok wuwung juga akan melintang sejajar dengan jalan. Pada jaman tersebut bangunan belum menggunakan plafond, sehingga balok wuwung tersebut akan terlihat jelas.

Dengan penataaan yang sedemikian rupa, maka bila ada ranjang yang ditata posisinya tegak lurus jalan, maka kemungkinan besar posisi ranjang tersebut  berada tepat di bawah posisi balok wuwung yang posisinya melintang memotong badan kita. Hal inilah yang menjadi pokok permasalahan sebenarnya. Namun masalah ini diceritakan dari mulut ke mulut secara turun temurun,  tanpa disertai dengan penjelasan yang lengkap, sehingga yang beredar di masyarakat hanyalah kata-kata "tidak baik bila posisi ranjang tegak lurus dengan jalan!" tanpa tahu apa penyebabnya, dan bila kita tanyakan alasannya, mereka hanya menjawab "Pokoknya begitu! Turuti saja..". Sebenarnya yang menjadi masalah utamanya bukanlah dikarenakan posisinya yang tegak lurus jalan, melainkan penempatan posisi ranjang di bawah balok yang perlu dihindari, atau bentuk plafond yang menyerupai balok, karena adanya permainan interior plafond (lihat gambar). Disarankan bila ingin ada permainan interior khususnya pada plafond, agar bagian yang tepat di atas tempat tidur dibuat rata saja. Untuk analisa lebih lanjut, posisi ranjang sebaiknya disesuaikan dengan energi bangunan yang cocok untuk penempatan tempat tidur.

Selain masalah diatas, saya juga ingin meluruskan mengenai penyelesaian masalah Feng Shui. Penyelesaian Feng Shui yang baik adalah bukan dengan kias, menempatkan / menggantungkan benda-benda tertentu di bangunan, namun lebih dengan penyelesaian tata letak dan bentuk, yang tidak lain akan berhubungan dengan penataan arsitektur bangunan dan interior. 
Semoga Bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Post a Comment