Sunday, April 13, 2008

Design Pintu Utama Menurut FengShui

(PROPERTI.BIZ edisi 27 / April 2008)

DH, Saya ingin menanyakan apakah bentuk dan posisi dari pintu utama saya sudah tepat menurut Feng Shui. Posisi rumah saya menghadap ke Timur dengan bentuk/design pintu utama menggunakan unsur kaca-kaca kecil (ukuran 10x10 cm) sebagai pemanis ada 4 bh kaca. Saya pernah mendengar bahwa kalau pintu utama menggunakan unsur kaca itu kurang baik karena mengakibatkan aliran Rejeki akan mengalir keluar kembali, apakah benar demikian? Bagaimana solusi untuk menghindari / mengatasi hal tersebut.

Awalnya saat saya membangun rumah , persis di depan pintu utama terletak pos/gardu Ronda dan kalau siang hari pos tersebut biasanya digunakan oleh pedagang-pedagang keliling untuk istirahat. Sehingga saya membuat tembok persis di depan pintu Utama yang berjarak + 4 m dengan ketinggian sekitar 2,5 m panjang 2 m dengan tujuan agar kalau orang-orang yang duduk di pos tersebut tidak langsung melihat ke dalam rumah, sehingga fungsi tembok ini hanyalah untuk menutupi pandangan jika orang duduk di pos Ronda tersebut. Dari pintu Utama itu langsung ke pintu taman bagian dalam. Menurut pendapat Bapak, sudah tepatkah apa yang saya lakukan ini ? dan jika kurang tepat solusi yg terbaik bagaimana ya?

Untuk tambahan informasi, rumah tersebut saya tempati thn 2007 menghadap ke Timur. Pandangan dari Pintu utama adalah area terbuka (belum ada bangunan). Saya lahir pada 9 Juli 1973.

Terima kasih atas masukan dan bantuannya.
Salam,  S. Yulian Dwiatmoko


Jawab:

Terima kasih Pak Yulian atas pertanyaannya. Namun sayang sekali Bapak tidak menyertakan gambar denah rumah dan gambar desain pintunya, saya akan coba buatkan ilustrasi gambarnya, mudah mudahan cukup sesuai dengan kasus rumah Bapak.

Mengenai desain Pintu Utama, dalam aturan Feng Shui disarankan agar pintu utama memiliki bentuk yang solid. sehingga bentuk pintu utama yang menggunakan ornamen bahan kaca seperti desain pintu di rumah Bapak memang tidak disarankan. Mengenai akibat yang ditimbulkan dimana bisa mengakibatkan rejeki mengalir keluar kembali, hal ini juga ada benarnya. Namun, rejeki ini bukan berarti mengalir keluar begitu saja secara mistis. Sebenarnya penjelasannya cukup logis, pintu utama yang tidak solid lebih rentan untuk didobrak oleh pencuri, maka rejeki yang Bapak miliki bisa saja hilang diambil oleh pencuri. Jadi sebenarnya bila desain pintu ini dibuat kokoh dan sudah diperhitungkan tingkat keamanannya, sebenarnya menggunakan ornamen kaca pun tidak  masalah. Untuk kasus Pintu Bapak, mungkin bisa diatasi dengan menambahkan besi teralis di belakang kaca tersebut.

Mengenai dinding solid di depan pintu utama sebenarnya tidak terlalu disarankan, karena dinding solid yang cukup tinggi bersifat memblokir aliran energi (Qi) yang akan masuk melalui pintu utama. Bila fungsinya hanya untuk menutupi pandangan dari daerah pos ronda di depan rumah, mungkin cukup dengan tanaman yang ditata dengan jarak yang cukup rapat (misalnya pohon bambu ) sehingga tetap akan memblokir pandangan tetapi tidak memblokir aliran energi yang dibawa oleh angin.

Mengenai posisi pintu utama yang langsung berhadapan dengan pintu belakang, saya baru saja membahasnya pada artikel yang lalu, antara lain dapat diatasi dengan partisi atau memindahkan posisi pintu belakang. Semoga Bermanfaat.

3 comments:

  1. Saya pernah mendengar bahwa kalau pintu utama menggunakan unsur kaca itu kurang baik karena mengakibatkan aliran Rejeki akan mengalir keluar kembali, apakah benar demikian? feng shui singapore

    ReplyDelete
  2. Likes substantially boost the recognition inside your web page and with all the suitable quantity rely; several of us will most likely be interested in your account. buy instagram likes cheap The firms which offer these organizations, will deliver you with non-automated or robotic likes and provide you with reliable Instagram likes. The good make a difference regarding this is they can be promptly delivered in your account which signifies you do not have to wait that considerably. And when you are a small business enterprise, escalating your Instagram likes will be beneficial.

    ReplyDelete
  3. Rumah saya dapurnya di samping rumah, katanya kalau pintu samping menghadap langsung ke jalan tudak baik, apa itu benar??
    Dan tepat di belakang dapur yg di samping itu kamar mandi, namun kamar mandinya menghadap ke jalan seperti pintu dapur namun tidak sejajar, sedangkan dapur menghadap ke sisi lainnya, apa itu juga tidak baik?? Tolong solusinya donk

    ReplyDelete